Sejarah Politeknik Aceh



Sejarah Singkat Politeknik aceh 

Selepas musibah tsunami, Chevron Corporation yang berpusat di San Ramon – USA dan USAID berinisiatif untuk membangun sebuah politeknik yang bertaraf internasional di Aceh sebagai bagian dari bantuan internasional dalam pembangunan kembali Aceh.  Kedua organisasi internasional ini, kemudian menjajagi rencana ini dengan menghubungi Pemerintah Aceh, BRR dan berbagai stake holder lainnya.

Pemerintah Aceh yang diwakili Gubernur dan BRR menyambut rencana tersebut.  Selanjutnya USAID melakukan berbagai studi awal dan pemerintah Aceh menyiapkan lahan.  Sementara itu Chevron melakukan studi mengenai Gedung Utama dan memulai proses disain pendahuluan.

Setelah melalui proses seleksi dan studi yang komprehensif, Pejabat Gubernur Aceh menetapkan lokasi tanah untuk pembangunannya dan BRR membantu biaya pembeliannya. 

Sementara itu USAID melalui kontraktornya DEVTECH SYSTEM dan SECID melakukan Studi Awal tentang pendirian Politeknik Aceh.  Dalam laporannya ditegaskan perlunya dibangun suatu politeknik di Aceh setingkat program Diploma-4.  Adapun program studi yang direkomendasikanFeasibility Study tersebut adalah Teknik Elektronika/Elektro, Teknik Mekatronika/Pneumatika, Teknik Pemrograman Komputer/Informatika, dan Marketing. Dalam konteks jurusan di Indonesia, jurusan tadi lebih dikenal sebagai Teknik Elektronika, Teknik Mekatronika, Tenik Informatika, dan Bisnis Pemasaran. 

Team Chevron, USAID dan Pemerintah Aceh memutuskan untuk       membangun sebuah politeknik dengan nama Politeknik Aceh diatas lahan yang disediakan Pemerintah Aceh di Desa Pango, Kecamatan Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.  Mengingat keterbatasan resources dan mengacu kepada Success Story dari Politeknik Caltex Riau, program studi yang ditetapkan untuk dibangun pertama sekali adalah 3 program studi saja, yaitu Teknik Elektronika, Teknik Informatika, dan Akuntansi, sedangkan  program studi Teknik Mekatronika diharapkan dapat dibangun dengan bantuan dari Pemerintah Pusat dan sumber dana lainnya .

Logo Politeknik Aceh

0 komentar: